Memahami Tentang Jenis Pelapis Furniture Beserta Manfaatnya

Memilih furniture yang tepat dengan interior rumah merupakan hal yang penting untuk menciptakan ruangan yang estetis. Saat ini sendiri perabotan yang dibuat dari bahan kayu masih menjadi favorit banyak orang. Pasalnya bahan ini mudah ditemukan, mudah dibuat sesuai keinginan, dan juga cocok untuk semua desain interior. Selain jenis kayu dan juga desain, pelapis furniture kayu juga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan supaya menghasilkan perabotan yang indah.

Memilih pelapis yang berkualitas merupakan hal penting supaya interior rumah dapat lebih terlihat sempurna. Di pasaran sendiri ada begitu banyak pilihan bahan pelapis furniture, namun untuk mendapatkan hasil akhir yang memuaskan ada baiknya Anda mengetahui berbagai jenis pelapis kayu beserta manfaatnya.

Jenis Pelapis furniture 

  • Nitro Cellulose

Pelapis furniture dengan tekstur cair ini terbuat dari resin nitrocellulose yang dicampur dengan bahan pelarut, dan juga mudah dikeringkan. Pelapis perabotan kayu ini memiliki ketahanan air yang cukup baik, tapi sayangnya jenis ini memiliki hasil lapisan yang tidak terlalu tebal sehingga furniture masih rentan terkena goresan. Untuk hasil akhir, pelapis kayu yang memiliki harga terjangkau ini dapat memberikan hasil tampilan yang halus dan licin pada furniture.

  • Polyurethane

Jenis finishing kayu satu ini merupakan pelapis anti air yang umumnya digunakan untuk perabotan outdoor karena memiliki keawetan yang lebih tahan lama dibandingkan dengan pelapis furniture bertekstur cair lainnya. Selain waterproof, jenis pelapis kayu satu ini juga tahan terhadap panas. Tak heran jika pelapis anti air ini sering digunakan pada berbagai macam perabotan kayu yang ditujukan untuk luar ruangan.

Bukan itu saja, Polyurethane juga memberikan lapisan film yang lebih tebal seperti plastik dan dapat menutupi permukaan kayu dengan sempurna. Dan untuk tampilan akhirnya, pelapis anti air ini dapat memberikan hasil yang berkilau (glossy) dan juga halus.

  • Pelapis Anti Air Jenis Waterbased

Pelapis dalam bentuk cair ini merupakan produk pelapis yang menggunakan air murni sebagai bahan pelarutnya. Oleh karena itu pelapis jenis waterbased lacquer ini menghasilkan finishing yang transparan dan tidak menutupi dasar warna kayu sehingga hasil warna yang diberikan juga sangat natural. 

Tapi walau begitu jenis finishing kayu ini sudah masuk ke dalam kategori pelapis anti air, memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap goresan. Selain itu pelapis perabotan ini juga memiliki harga yang lebih terjangkau dengan jenis lainnya. Jadi tak heran jika pelapis anti air dengan jenis waterbased ini cukup populer di kalangan masyarakat

  • Pelapis HPL

HPL (High Pressure Laminate) sendiri terdiri dari beberapa lapisan yang dikompresi (dilaminasi) di bawah tekanan sangat tinggi. Dengan begitu, akan menciptakan lembaran penahan bentuk (HPL) yang sangat padat, keras, dan bertekstur.

Lembaran HPL terdiri dari serat kayu atau inti kertas dan 2 lapisan atas. Inti lembaran terdiri dari beberapa lapis serat kayu dan kertas yang direndam dengan resin melamin.

Selama produksi, lapisan ini dikompresi di bawah tekanan tinggi dan suhu tinggi. Resin yang digunakan disebut termoset, ini berarti resin menjadi keras di bawah pengaruh panas.

Dengan mengompresi, lapisan dipadatkan dan membuat lembaran yang sangat padat dan keras. Lapisan atas sangat keras dan padat sehingga sinar matahari dan kelembapan tidak dapat menembus ke dalam lembaran.

Pelapis HPL adalah pilihan yang tepat untuk digunakan pada furniture ruangan dengan konsep modern minimalis karena penggunaan finishing perabotan dengan pelapis ini dapat memberikan konsep minimalis pada furniture. Terlebih lagi, pelapis HPL (High Pressure Laminate) juga memiliki berbagai macam corak, mulai dari motif kayu, warna solid maupun metalik, hingga motif menyerupai granit atau marmer.

  • Kertasive PVC Interior Film 

Jenis pelapis kayu laminasi lainnya selain HPL adalah Kertasive PVC (Polyvinyl Chloride) Interior Film. Sama dengan pelapis HPL, jenis laminate finishing ini memiliki ketahanan pelapis anti air yang dapat menghasilkan lapisan yang tahan lama. Dibandingkan dengan pelapis HPL, Kertasive PVC Interior Film memiliki harga yang lebih terjangkau. Untuk urusan motif, pelapis perabotan ini juga memiliki berbagai macam motif cantik untuk segala jenis konsep ruangan.

PVC Interior Film Kertasive juga memiliki sederet kelebihan lain seperti durabilitas yang sangat prima, ringan, tahan terhadap bahan kimia hingga suhu panas. Selain itu finishing perabotan kayu ini dapat ditambahkan plasticizer yang membuatnya menjadi lebih elastis dan mudah dibentuk. Hal ini pun membuat Kertasive PVC Interior Film lebih sering digunakan untuk perabotan dari kayu olahan maupun interior dalam sebuah hunian.

Manfaat Menggunakan Pelapis furniture untuk Perabotan

Seiring berkembangnya teknologi, penggunaan finishing laminasi seperti Kertasive PVC Interior Film dapat membuat visual perabotan lebih aesthetic. Namun tentu saja, untuk menghasilkan lapisan yang sempurna dan berkualitas diperlukan ketelitian dalam memilih jenis lapisan perabotan, contohnya seperti pelapis furniture Kertasive. Self-adhesive Kertasive PVC Interior Film dapat digunakan untuk berbagai furniture hingga interior sehingga konsep rumah yang diidamkan pun dapat terwujud.

Kertasive PVC Interior Film memiliki daya lentur dan fleksibilitas yang tinggi, sehingga dapat digunakan pada permukaan datar maupun melengkung untuk meja, lemari, panel dinding, nakas, kitchen set, dan furniture lainnya. Kertasive PVC Interior Film ini juga anti terhadap bakteri serta jamur, mudah dibersihkan, dan memiliki ketahan terhadap cairan. Tentu saja hal ini bermanfaat untuk membuat durabilitas perabotan lebih tahan lama. Bukan itu saja, Produk PVC finishing laminate ini sudah dilengkapi lem dalam setiap lembarannya sehingga lebih praktis dan menghemat waktu juga tenaga dalam pemasangan, serta dapat dilakukan oleh siapa saja.

Ragam Pattern Kertasive PVC Interior Film 

Kertasive PVC Interior Film sendiri memiliki beragam warna, tekstur, dan tipe yang dapat disesuaikan dengan konsep hunian yang diinginkan, seperti Pelapis PVC Wood Series dapat dijadikan sebagai pelapis dinding maupun dekorasi permukaan furniture agar dapat terlihat lebih estetik dan menarik. Series Kertasive PVC Interior Film ini sangat cocok untuk segala macam konsep ruangan mulai dari minimalis, rustic hingga modern. 

Pattern Kertasive PVC Interior Film seri ini memiliki beberapa contoh, sebut saja Classica Oak yang memiliki motif kayu coklat yang terang dan serat layaknya kayu asli. Atau Hemlock dengan motif kayu warna kekuningan yang cerah dan memiliki aksen mengkilap. Ada pula tipe Leather Series yang memiliki tekstur seperti kulit dengan hasil finishing doff, yang sesuai dengan konsep modern minimalis yang banyak digemari oleh masyarakat masa kini. Dan jika Anda ingin memberikan sentuhan elegan pada perabotan seperti kitchen set misalnya, Anda dapat menggunakan Kertasive PVC Interior Film dengan tipe Steel Series.

Setelah mengetahui jenis dan juga manfaat dari pelapis furniture terutama yang berjenis PVC, maka kini Anda bisa menentukan finishing furniture seperti apa yang diinginkan. Tapi pastikan untuk menggunakan pelapis perabotan yang berkualitas seperti Kertasive PVC Interior Film. 

2 thoughts on “Memahami Tentang Jenis Pelapis Furniture Beserta Manfaatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *